PURBALINGGA BROW er

Thursday 8 May 2014

Cara Memodifikasi CD Instaler Windows XP



Merubah dan Memodifikasi CD Installer Windows XP.
Inilah cara membuat sendiri CD Installer Windows XP.Merubah, memodifikasi, menambah aplikasi dan menambah tema sesuai keiinginan pada Setup Windows XP Original.
Yang perlu dipersiapkan untuk merubah dan membuat installer Windows XP adalah:
1. CD Installer Windows XPCopy CD installer Windows XP SP2 atau SP3, lalu simpan dalam hard disk.
2. WinntbbuED 3.1 Setup Screen EditorWinntbbuED 3.1 adalah sebuah alat untuk edit screen, bahasa, besar font, warna font, dll. pada File WINNTBBU.DLL yang ada dalam installer Windows.



 3. nLite v1.4.9.1nLite adalah software untuk menambah aplikasi dalam installer Windows dan untuk membuat file ISO yang dapat dibuat CD Installer Windows XP.


 


 4. WINNTBBU.DLLWINNTBBU.DLL adalah file screen installer Windows XP.




Tutorial membuat file winntbbu.dll :

1. Jalankan WinntbbuED 3.1 terlebih dulu lalu klik File >> Open >> cari file winntbbu.dll yang baru sobat download tadi, misalnya di C>My Document>klik open.



2.Siapkan Gambar dengan ukuran 1024x768

 

3.klik Tab Edit,untuk merubah font,warna,warna bar dan gambar screen



4.Untuk Merubah Bahasa Instalasi Klik Tab Bilboard OS>>pro>>Bilboard 1 s/d 18 Kemudian klik pada Tulisannya,,Contoh Untuk Merubah Pada Bilboard 1



Edit Teks Sesuai Dengan Kemauan Anda..
Dan Hasilnya Akan Terlihat Seperti Pada Gambar Di Bawah Ini..



5. Kalau dirasa sudah cukup atau sudah selesai simpan file winntbbu.dll di folder baru.

Caranya: buatlah folder baru dengan nama New DDL di drive D, F, atau dimana saja, kemudian cari file winntbbu.dll yang sobat buat tadi misalnya di C>My Document>klik copy dan paste  ke folder New DLL. Selanjutnya pada aplikasi Winntbbued 3.1 klik File >> Save as >> Cari di folder New DDL, klik winntbbu.dll dan replace.
6. Kemudian dalam folder New DLL file winntbbu.dll sobat Copy dan paste ke dalam folder I386  pada folder Windows XP installer yang sobat copy dari CD, replace file winntbbu.dll original.

Jika sudah selesai lalu kita mulai pembuatan installer Windows XP SP3.
Tutorial membuat Installer Windows XP SP3 :
1. Jalankan nLite v1.4.9.1

 lalu klik Next  kemudian klik tombol Browse dan cari folder Windows XP installer di komputer sobat.



2. Pada task Selection pilihlah tombol All lalu klik Next



3. Langkah berikutnya menambahkan Hotfixes, Add-Ons, Update pack. Yang maksudnya setelah selesai instal Windows XP sudah terintegrasi aplikasi tambahan, seperti beberapa program Add-Ons terbaru seperti pada gambar dibawah ini, tetapi jika anda ingin menambah lagi aplikasinya silahkan anda Download. Setelah Download program Add-Ons pada aplikasi nLite klik Insert lalu masukkan program Add-Ons,  jika sudah selesai klik Next.




4. Disini sobat juga boleh menambahkan Windows Post Installer, selain itu
sobat juga dapat memasukkan driver Audio, LAN, dll, kalau sudah klik Next.
5. Component, adalah untuk menghilangkan beberapa instalasi dan opsi-opsi standar Windows XP, contoh: jika ingin menghilangkan internet game, Game, calculator, Paint, Wordpad dll berilah tanda centang pada aplications, jika sudah selesai klik Next
6. Unattented, pada bagian ini sobat dapat melakukan pengaturan seperti mematikan Firewall, Hibernate maupun merubah bahasa default Windows ke bahasa yang sobat inginkan, selain itu sobat juga dapat memasukkan serial number agar nanti saat instalasi tidak perlu lagi memasukkan serial number.



7. Disini sobat juga dapat memasukkan tema pilihan, Klik Desktop Themes kemudian klik “Insert All Local”  dan pada default theme pilih tema yang akan dijadikan tema pilihan sobat.




8.  Sobat juga dapat mengatur pengaturan lainnya, jika sudah selesai klik Next
9. Options, untuk tab General lewati saja. Untuk tab Patch aturlah pada bagian “Unsigned Theme Support (Uxthemes Patch) pilih “Enable” lalu klik Next
10. Tweak, Silahkan tweak windows sesuai pilihan sobat dan jika sudah selesai klik Next lalu klik Yes untuk memprosesnya.
11. Bootable ISO, Pada bagian ini sobat dapat membuat Bootable ISO Windows XP, atau dapat langsung mem-burning ke CD/DVD. Apabila sobat hanya ingin membuat file ISO pilihlah Create Image pada pilihan Mode selanjutnya klik Make ISO kemudian simpan file ISO di hard disk, file ISO inilah yang nantinya dapat di-burning ke CD/DVD.



12.Tunggu sampai proses selesai.

Sekian semoga Bermanfaat...!!!

Cara Memodifikasi CD Instaler Windows XP

No comments:

Post a Comment