PURBALINGGA BROW er

Wednesday 4 June 2014

INSTAL WINDOWS 7 VIA UEFI


Kemaren pagi  saya  mendapat keluhan dari salah satu siswa jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), karena siswa tersebut tidak bisa downgrade Sistem Operasinya dari Windows 8 ke Windows 7, Singkat cerita Mr.Cloudy cek laptopnya berikut spesifikasinya :
“Windows 8.1 Single Language – Intel Celeron (N2920, 1.86 GHz, 2 MB) – 35.6 cm (14″) LED – 16:9 HD – Active Matrix TFT Colour LCD – CineCrystal – Intel Graphics Media Accelerator HD – 4 GB DDR3L SDRAM – 500 GB Serial ATA – DVD – Writer – Colour White – Weight (Approximate) 2.10 kg – Maximum Battery Run Time 5.50 Hour,” (Sumber : Situs Resmi Acer).
Penasaran coba install seperti laptop kebanyakan keluaran lama, alhasil tidak bisa boot ke master installasi, dicoba menggunakan DVD Windows, USB masih tetap tidak bisa melakukan install.
Setelah nanya-nanya dan meminta pencerahan kepada Om Google seharian tidak mendapatkan hasil. Hampir saja menyerah :-D
Permasalahannya adalah :
  1. Windows 8 menggunakan format Partisi  GPT.
GUID Partition Table (GPT) adalah standar untuk tata letak tabel partisi pada hard disk fisik, menggunakan pengidentifikasi unik global (GUID). Meskipun merupakan bagian dari Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) standar (Unified EFI Forum pengganti diusulkan untuk BIOS PC), juga digunakan pada beberapa sistem BIOS karena keterbatasan master boot record (MBR) tabel partisi, yang menggunakan 32 bit untuk menyimpan alamat blok logis (LBA) dan ukuran informasi.
Pada 2010, sebagian besar sistem operasi saat ini mendukung GPT. Beberapa, termasuk OS X dan Microsoft Windows, hanya mendukung booting dari partisi GPT pada sistem dengan EFI firmware, tapi FreeBSD dan sebagian besar distribusi Linux dapat boot dari partisi GPT pada sistem dengan baik warisan BIOS antarmuka firmware atau EFI.
  1. Settingan BIOS
Secara default (Bawaan) secure boot masih terseting enabled dan sistem bootnya masih terpilih UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), sehingga tidak bisa boot selain dari master boot record windowsnya.

Pemecahan masalah untuk kasus downgrade Windows 8 ke windows 7 pada laptop keluaran terbaru yang saya lakukan sebagai berikut :
  1. Iseng buka situs resmi vendor laptopnya, disitu yang dituju adalah support /download aplikasi atau driver sesuai dengan merk dan type laptop.  Cari update Legacy BIOS  karena bawaan laptop Acer seri E1-410 legacy BIOS-nya belum terinstal sehingga ketika kita masuk kesettingan BIOS dengan menekan tombol F2 tidak terdapat pilihan boot from Legacy.
  2. Setelah file legacy boot terdownload , ekstrak file tersebut kemudian install tunggu beberapa saat sampai laptop restart dan jangan matikan powernya karena masih ada proses pengupdate-an BIOS.  Tunggu beberapa saat sampai laptop restart kembali, setelah itu coba kita masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2 dan pada settingan Boot pilih boot Legacy yang tadinya dari UEFI.
  3. Jika settingan BOOT masih terkunci langkah yang harus dilakukan adalah memberikan password pada security-nya kemudian kembali ke settingan boot disable security boot-nya.
  4. Langkah berikutnya lakukan instalasi Windows 7 seperti biasa bisa menggunakan DVD ataupun USB.
  5. Jika anda suatu saat mau beralih lagi ke windows 8 alangkah baiknya anda membackup terlebih dahulu dengan cara membuat recovery disk atau usb recovery serta membackup data pada partisi data ketika windows 8 masih bisa digunakan. Hal ini harus dilakukan karena ketika menginstal Windows 7 kita akan menghapus semua partisi yang ada. Kemudian kita konversi dari GPT ke MBR.
  6. Install dan setting Windows 7 seperti biasa.
  7. Perlu dicek juga ketersediaan driver untuk mendukung sistem yang kita gunakan pada website resminya.
Semoga membantu dan Selamat mencoba (y), jangan lupa kasih komentar :-D

4 comments:

  1. bagaimana jika sudak terlanjur memformat hardisk, jadi kan gak bisa update lagi biosnya....itu gimana solusinya?

    ReplyDelete
  2. Iseng intal windows xp, driver nggak support, mau instal ke windows 7 nggak bisa. Bahkan windows 8 pun juga. Mohon bantuannya mas..

    ReplyDelete
  3. PAkai Rufus.. Untuk Buat Bootable Win 7, Gunakan Win 7 Profesional,,Kalau yang ultimate sampai saat saat ini belum ada yang bisa di aktivator/ bajakan hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata siapa gan ,,yang ane windows 7 ultimate tanpa aktivator ,hanya mematikan windows update ,alhamdulilah sudah 6 bulan belum black screen heee

      Delete